Bagaimana Menyiapkan Donat mini (tanpa mixer) yang Lezat Sekali

Donat mini (tanpa mixer)

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat donat mini (tanpa mixer) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Donat mini (tanpa mixer) memakai 13 bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Donat mini (tanpa mixer):

  1. Sediakan 250 gram tepung cakra.
  2. Gunakan 2 kuning telur.
  3. Ambil 1 sdm gula halus.
  4. Gunakan 1 sdt fermipan.
  5. Sediakan 120 ml susu cair.
  6. Sediakan 2 sdm mentega (forvita).
  7. Gunakan Sejumput garam.
  8. Siapkan Topping.
  9. Sediakan Meises.
  10. Sediakan Oreo bubuk (biskuitnya aja tanpa gula nya diblender).
  11. Siapkan Tiramisu.
  12. Gunakan Dcc (dilelehkan).
  13. Siapkan Mentega cair.

Pembuatan Donat mini (tanpa mixer) sebenarnya sama dengan pembuatan Donat mini (tanpa mixer) pada umumnya. Namun perbedaan dari Donat mini (tanpa mixer) terdapat pada bahan dan cara pembuatannya. Lalu bagaimana cara membuat Donat mini (tanpa mixer) ? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Donat mini (tanpa mixer) yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat menggugah selera kita.

Baca juga :  Cara Gampang Membuat Donat autolysis yang Menggugah Selera

Langkah-langkah menyiapkan Donat mini (tanpa mixer):

  1. Siapkan bahan-bahannya. Campurkan tepung, telur, gula, fermipan dan susu cair sedikit demi sedikit. Aduk hingga setengah kalis. (Saya aduk pakai tangan tp bisa juga pakai mixer ya).
  2. Tambahkan sejumput garam dan mentega. Aduk adonan hingga kalis. Proses ini yang memakan waktu lama karena aduk pakai tangan bisa 15-20 menit. Adonan dibanting-banting dan ditekan-tekan seperti sedang mencuci baju supaya cepat kalis. Tanda sudah kalis, adonan tidak lengket ditangan dan elastis..
  3. Setelah itu adonan didiamkan 60 menit supaya mengembang dua kali lipat. (Lupa tidak terfoto).
  4. Tinju adonan yang sudah mengembang. Lalu bagi-bagi adonan sesuai dengan ukuran yang mau dibuat. Saya buatnya sebesar bakso yang ukuran sedang (lupa tidak terfoto).
  5. Berhubung sudah masuk waktu isya dan shalat tarawih. Jadi, saya diamkan kembali adonan selama kurleb 45menit. Lubangi tengahnya dengan jari telunjuk. Jangan lupa taburi nampannya dengan tepung supaya tidak lengket di nampan (bisa juga alasi pakai kertas roti)..
  6. Goreng dengan minyak sedikit dan api kecil supaya muncul white ring nya. Punya saya hanya sebagian yang muncul. Seperti nya karena minyaknya kelebihan..
  7. Beri topping sesuai selera. Siap untuk disajikan..
  8. Nb : Setelah saya baca-baca resep donat nya Mba Fitri Sasmaya, kalau donatnya over profing akan keriput/tidak mulus pada saat digoreng. Ternyata, ini penyebabnya donat saya ada yang tidak mulus permukaannya. Step ke-5 itu saya tinggal adonannya shalat tarawih jadinya over profing. Harusnya cukup diamkan selama 15-20 menit saja. Seperti nya adonan saya kurang kalis elastis sehingga tidak muncul white ring nya. Next mau coba lagi pakai resepnya Mba Fitri Sasmaya.
Baca juga :  Resep Donat ORI No kentang No telur tp rasanya pulleen enaaaak, Menggugah Selera

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Donat mini (tanpa mixer) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!