Bagaimana Menyiapkan Keciput yang Lezat

Keciput

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan keciput sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Keciput memakai 8 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Keciput:

  1. Gunakan 250 gram tepung ketan.
  2. Siapkan 1 sdm tepung tapioka/kanji.
  3. Gunakan 2 sdm susu bubuk.
  4. Ambil 1 butir telur.
  5. Sediakan 50 gram margarine.
  6. Siapkan 3 sdm gula pasir.
  7. Sediakan Secukupnya air (sesuaikan adonan).
  8. Gunakan Secukupnya wijen putih.

Cara membuat Keciput sebetulnya mirip dengan pembuatan Keciput pada umumnya. Namun perbedaan dari Keciput terletak pada bahan dan cara pembuatannya. Lalu bagaimana cara membuat Keciput ? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Keciput yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu menggugah selera kita.

Baca juga :  Resep Wajik Duren yang Sempurna

Cara menyiapkan Keciput:

  1. Kocok gula dan telur, sampai gula larut menggunakan whisker kemudian masukkan margarine, aduk rata.
  2. Masukkan tepung ketan, tapioka dan susu bubuk, aduk lalu tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis dan bisa dibentuk (stop pemberian air jika adonan sudah kalis).
  3. Ambil adonan seruas jari kemudian bentuk bulatan kecil karena nanti saat digoreng akan mengembang jadi kira-kira saja kecilnya seberapa (Jangan membentuk bulatan terlalu besar karena biasanya dalamnya akan kopong dan kurang matang).
  4. Setelah adonan dibentuk bulat lalu gulingkan dalam wijen sambil digoyang-goyang agar wijen lengket pada adonan (bentuk bulatan hanya untuk satu kali goreng saja jadi wijen masih nempel sempurna pada adonan saat di goreng sehingga tidak mudah lepas).
  5. Goreng keciput dengan api kecil sambil sesekali diaduk pelan saja, jangan terlalu sering diaduk agar wijen tidak mudah lepas.
  6. Setelah matang kecoklatan angkat, tiriskan dan siap disajikan. Jika ingin disimpan dalam toples, tunggu keciput hingga benar-benar dingin baru masukkan dalam toples.
Baca juga :  Bagaimana Membuat Kuping Gajah yang Menggugah Selera

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Keciput yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!