Resep Donat kampung yang Lezat

Donat kampung

Donat kampung adalah salah satu makanan populer baru-baru ini.Rasanya enak sudah dinikmati oleh jutaan lidah manusia. Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat Donat kampung yang siap dikreasikan.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Donat kampung:

  1. Gunakan 200 gr tepung cakra.
  2. Ambil 50 gr tepung segitiga.
  3. Sediakan 25 gr susu bubuk.
  4. Siapkan 50 gr gula pasir.
  5. Ambil 1 1/2 sdt ragi instan.
  6. Gunakan 1 butir telur.
  7. Sediakan 100 ml air es.
  8. Sediakan 40 gr mentega.
  9. Siapkan 1/4 sdt garam.
Baca juga :  Resep Donat Popcorn (krenyes di luar, lembut di dalam) yang Enak

Cara membuat Donat kampung sebetulnya serupa dengan pembuatan Donat kampung pada umumnya. Namun perbedaan dari Donat kampung terletak terhadap bahan dan cara pembuatannya. Lalu bagaimana cara membuat Donat kampung ? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal Donat kampung yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu menggugah selera kita.

Baca juga :  Bagaimana Membuat Donat kentang maizena Anti Gagal

Cara membuat Donat kampung:

  1. Campurkan tepung2an (terigu, gula pasir, susu bubuk, ragi instan) aduk sampai merata lalu masukan telur dan air es sedikit demi sedikit. Sampai kalis (saya kurleb 10-15 menit).
  2. Tambahkan mentega dan garam lalu uleni lagi sampai kalis sampai adonan kalo di tarik gak sobek (saya kurleb 15 menit) pake kecepatan 3.
  3. Timbang adonan @50 gram lalu bentuk bulat2. Diamkan 10 menit tutup menggunakan plastik/wrap/lap bersih.
  4. Bolongin adonan donat, atau bisa di isi dengan isian selai lakukan sampai habis. Lalu diamkan/istirahatkan kurleb 25-30 menit tutup menggunakan wrap/lap bersih.
  5. Donat akan mengembang lalu goreng. Kalo ada gelembung udara seperti gambar tusuk aja bagian yg menggelembung nya. Goreng donat hanya 1 kali balik (jangan di bolak balik).
  6. Sajikan donat, bisa jadi temen santai sambil minum teh..
Baca juga :  Resep Donat Pizza (donat kentang), Enak Banget

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat donat kampung yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!