Resep Donat kentang tanpa mixer, Menggugah Selera

Donat kentang tanpa mixer

Donat kentang tanpa mixer sepertinya wajib dicoba, tidak hanya rasa dan aroma yang menggugah selera, Donat kentang tanpa mixer gampang dibuat. Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari Donat kentang tanpa mixer, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan donat kentang tanpa mixer enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Donat kentang tanpa mixer:

  1. Ambil 250 gr terigu kunci biru (protein rendah).
  2. Sediakan 250 gr terigu cakra (protein tinggi).
  3. Siapkan 27 gr susu bubuk (saya 1 sachet kecil dancow bubuk).
  4. Sediakan 11 gr ragi.
  5. Siapkan 70 gr gula pasir.
  6. Siapkan 60 gr mentega (dilelehkan).
  7. Siapkan 4 kuning telur.
  8. Sediakan 100 ml air.
  9. Gunakan 1/4 sdt garam.
  10. Gunakan 300 gr kentang tumbuk.
Baca juga :  Resep Lukoumades atau Greek Donut Anti Gagal

Pembuatan Donat kentang tanpa mixer sebetulnya mirip dengan pembuatan Donat kentang tanpa mixer pada umumnya. Namun perbedaan dari Donat kentang tanpa mixer terletak pada bahan dan cara pembuatannya. Lalu bagaimana cara membuat Donat kentang tanpa mixer ? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal Donat kentang tanpa mixer yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Langkah-langkah membuat Donat kentang tanpa mixer:

  1. Kukus kentang kemudian haluskan.
  2. Campurkan terigu, kuning telur, susu bubuk, gula pasir dan air.
  3. Campurkan dan sedikit uleni kentang tumbuk dan bahan tepung di langkah nomor 2. diamkan kurang lebih 1 jam supaya gluten terbentuk dan nantinya akan lebih mudah diulen. (bisa didiamkan semalaman/6-8 jam).
  4. Campur ragi dengan sedikit air, aduk sampai larut sehingga berbusa.
  5. Lelehkan mentega campur garam, biarkan sampai dingin.
  6. Apabila telah berbusa,campur ragi dengan adonan tepung, uleni sampai kalis dan terakhir masukan mentega yang telah dingin. uleni lagi dan proofing kurang lebih 1 jam (sampai mengembang).
  7. Apabila telah mengembang dua kali lipat, kempeskan adonan dan timbang, bisa masing masing 80 gram (besar) atau per 40 gram (ukuran sedang). apabila dirasa terlalu lembek, gunakan bantuan terigu supaya tidak lengket.
  8. Setelah ditimbang, saya bulatkan adonan dan membuat lubang menggunakan dua jari telunjuk yang diputar bersamaan. tips untuk pemula seperti saya supaya bentuk adonan tetap bagus saat digoreng adalah setiap adonan yang telah dilubangi, taruh diatas potongan daun pisang, atau bisa menggunakan potongan kertas baking yang ditaburi terigu.
  9. Setelah semua donat dibentuk, persiapkan wajan dengan diisi sedikit minyak (tidak sampai merendam donat). Panaskan dengan api sangat kecil, baru kemudian goreng donat dengan api sangat kecil. membalik donat hanya satu kali..bisa "ngintip bagian bawah donat, kalau sudah berwarna langsung dibalik".
  10. Tiriskan minyaknya dengan cara ditusuk sumpit dan ditaruh diatas wadah. digambar ini ukuran donat saya tidak sama. awal awal bikin, berat donat 40 gram..batch berikutnya jadi 80 gram. karena ngga sabar ingin cepat selesai 😅🤣.
  11. Hias donat saat dingin. karena roti donat tidak manis, saya menggunakan glaze yang manis.. donat dicelupkan kedalam glazing coklat kemudian ditaburi meises. untuk ukuran berat 80 gr per adonan akan menghasilkan 13 donat. apabila ingin ukuran regular, cukup 40 gr saja..itupun sudah jadi sekitar 26 donat.
Baca juga :  Langkah Mudah untuk Membuat Donat kampung rasa premium yang Sempurna

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat donat kentang tanpa mixer yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!